9 Tips Ngurus Child Care Subsidy di Australia 2019

Salah satu privilege jadi Australia Awards Scholarship Awardee adalah fasilitas child care subsidy (CCS) untuk yang punya anak balita. Di sini, anak di bawah 5 tahun masuk ke childcare (kindergarten termasuk di dalamnya). Saat 5 tahun, anak masuk prep (preparation), semacam kelas persiapan untuk SD, tapi tempatnya tidak di childcare lagi melainkan sudah gabung jadi satu dengan primary school.

Biaya childcare di Australia rata-rata sekitar 100 AUD perhari. Iya, per hari! Jadi bayangkan saja gimana nasib kalo tanpa CCS ini. Dengan CCS, saya dapat diskon biaya sampai 85% dengan jatah waktu 100 jam per fortnightly (2 minggu). Jatah waktu yang didapat sesuai dengan kegiatan ortu. Bagi saya mahasiswa PhD full time dan suami juga kerja sekitar 80 jam per fortnightly, kami alhamdulillah dapat alokasi waktu tersebut.

Cara mengajukan CCS yang saya lakukan dulu:
1. Ke Centrelink, bikin akun mygov. Tentang mygov, sila googling sendiri. Proses ini mungkin bisa bareng apply CCS, tapi saya dulu apply ini duluan karena datang sekitar 6 bulan lebih awal dari anak. Kalo anak belum ada di sini kan ga bisa apply CCS.


2. Siapkan riwayat imunisasi anak yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris. Proses penerjemahan bisa dengan penerjemah tersumpah. Saya dulu yang simple aja, ikut saran teman. Saya bikin sendiri tabel riwayat imunisasi anak dalam bahasa Inggris yang juga berisi identitas pribadinya. Lalu saya minta tanda tangan dokter di bawahnya serta cap Rumah Sakit tempat imunisasi. Alhamdulillah diterima.

3. Pergi ke dokter, di sini istilahnya GP (General Practitioner) untuk update data imunisasi anak di Australian Immunisation Register (AIR). Pas ngurus dulu pas weekend, GP nggak ada jadi diuruskan oleh Nurse dan bisa juga. Anak sudah tercover asuransi family coverage, waktu itu saya tunjukkan kartunya. Proses ini sama sekali nggak dimintai biaya, padahal saya ke klinik umum, Priority Health Medical Centre di Orion. Alhamdulillah. Temen-temen saya pada cerita rata-rata dimintai biaya sekitar 40 AUD utk proses ini. Minta bukti update imunisasi ini karena kita tidak bisa akses data sendiri karena tidak punya Medicare (semacam jaminan kesehatan utk orang Aussie). Kalo ada imunisasi yang belum update, sekalian atur jadwal catch-up imunisasinya juga. Lagi-lagi alhamdulillah dapat gratis imunisasinya. Biaya GP dicover full sama asuransi (sebelum diimunisasi sama nurse selalu konsultasi GP dulu tentang anak).


4. Kalo suami dan istri sama-sama di Australia, urus TFN suami dan istri. TFN (Tax File Number) ini NPWP versi Australia. Caranya gampang, googling aja apply TFN karena apply nye memang online dan gratis. Tapi bisa sampai 2 minggu prosesnya. Waktu itu saya sudah punya TFN, tapi lupa ga urusin punya suami juga. Jadi harus nunggu sampai suami dapat TFN baru nerusin nglengkapin aplikasi CCS. TFN akan dikirim melalui mail ke alamat rumah.


5. Buka rekening bank untuk pasangan. Saya otomatis sudah punya rekening bank sejak sampai. Suami juga harus punya, dan ini bisa untuk bukti domisili (bank statement). Yang perlu diingat, perlu TFN juga waktu buka rekening bank. Bisa aja daftar akun tanpa TFN, tapi akun baru bisa berfungsi 100% setelah setor data TFN. NPWP juga bisa dipakai kalau ada dan emang masih bayar pajak di Indonesia selama tinggal di LN.


6. Pergi ke kantor Centrelink terdekat domisili tempat tinggal untuk apply CCS. Siapkan softfile dan hardfile data diri semacam paspor, visa, kontrak beasiswa, kartu keluarga, akta kelahiran anak, bukti update imunisasi di AIR, TFN. Applynya memang bisa online sendiri, tapi saya milih di centrelink supaya bisa nanya kalo ada yang ga jelas atau ga tau. Saat di centrelink ada fasilitas komputer, kita apply sendiri juga, bukannya ngasih dokumen njuk diurusin. Ada teman yang apply sendiri ternyata salah milih tipe bantuan jadi aplikasinya gagal dan tidak diurusi. Alhamdulillah saya awalnya minta dibantu di Centrelink, walau akhirnya dilengkapi sendiri di rumah karena harus nunggu TFN suami jadi.


7. Upload semua dokumen penting di atas. Waktu itu aplikasi saya sempat gagal karena di aplikasi cuma diminta Akta anak dan paspor suami. Jadi cuma dua itu yang saya upload. Saya kira kalo kurang dokumennya pasti di email untuk melengkapi. Tapi ternyata sekian waktu saya ga dikabari apa-apa dan setelah ke Centrelink link baru tau aplikasi ditolak. Setelah saya upload semua dokumen di atas dan saya kembali ke Centrelink untuk follow up aplikasi, alhamdulillah tak berselang lama CCS saya turun. Saya ditelpon Centrelink tentang info CCS sudah di approve ini.


8. Pastikan mengisi Activity Test, semacam pernyataan kegiatan suami istri dengan seksama karena mempengaruhi jam CCS yang didapat. Awalnya saya dapat hanya sekitar 50 jam per fortnightly. Setelah saya konfirmasi ketika ditelpon ttg CCS approval, maka CCS utk anak saya direvisi jadi 100 jam per fortnightly.


9. Sabar, karena emang bisa laaaammmaaaaa….. Berbulan-bulan, apalagi kalau ada yang salah atau dokumen kurang! Pantau terus prosesnya, jangan segan nanya datang ke Centrelink meski emang takes time!

Oke, sekian dulu ya tips ngurus CCS nya. Semoga bermanfaat!

Gailes, QLD Australia
23 June 2019, 11.03 pm

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s