CREATIVE COMMONS

Fitria Dwi Andriyani

Internet memudahkan semua orang untuk berbagi dan berkreasi atas ciptaan orang lain. Namun kadang-kadang ada Undang-undang yang menghambatnya. Kapanpun anda membuat foto, merekam lagu, mempublikasikan artikel, atau menaruh tulisan orisinal secara online, karya anda secara otomatis dikategorikan sebagai “all rights reserved” dalam kacamata undang-undang copyright. Secara umum, ini bermakna bahwa orang lain tidak dapat menggunakan atau berkreasi atas karya anda tanpa meminta ijin dari anda.

Namun bagaimana jika anda ingin orang lain menggunakan kembali karya atau ciptaan anda?

Jika anda ingin memberi orang lain hak untuk berbagai, menggunakan, dan bahkan berkreasi atas karya yang anda ciptakan, pertimbangkan untuk mempublikasikan ciptaan anda di bawah lisensi Creative Commons.

Lisensi Creative Commons memberi pilihan hak mana yang ingin anda jaga. Lisensi yang anda pilih menjelaskan secara gamblang pada orang yang ingin menggunakan karya anda mengenai bagaimana cara mereka menggunakan karya anda atau bentuk ijin apa yang anda berikan atas suatu ciptaan tanpa bertanya langsung pada anda.

Lisensi

1. ATRIBUSI
CC BY

Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda atas ciptaan asli. Lisensi ini adalah lisensi yang paling bebas. Direkomendasikan untuk penyebarluasan secara maksimal dan penggunaan materi berlisensi.

2. Atribusi-BerbagiSerupa
CC BY-SA

Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda dan melisensikan ciptaan turunan di bawah syarat yang serupa. Lisensi ini seringkali disamakan dengan lisensi “copyleft” pada perangkat lunak bebas dan terbuka. Seluruh ciptaan turunan dari ciptaan Anda akan memiliki lisensi yang sama, sehingga setiap ciptaan turunan dapat digunakan untuk kepentingan komersial. Lisensi ini digunakan oleh Wikipedia, dan direkomendasikan untuk materi-materi yang berasal dari penghimpunan materi Wikipedia dan proyek dengan lisensi serupa.

3. Atribusi-TanpaTurunan
CC BY-ND

Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggunakan kembali ciptaan untuk tujuan apapun, termasuk tujuan komersial; namun ciptaan tersebut tidak boleh diubah dengan cara apapun dan pengguna harus mencantumkan kredit kepada pembuatnya.

4. Atribusi-NonKomersial
CC BY-NC

Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial, dan walau mereka harus mencantumkan kredit kepada Anda dan tidak dapat memperoleh keuntungan komersial, mereka tidak harus melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang sama dengan ciptaan asli.

5. Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa
CC BY-NC-SA

Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bukan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda dan melisensikan ciptaan turunan dengan syarat yang serupa dengan ciptaan asli.

6. Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan
CC BY-NC-ND

Lisensi ini adalah lisensi yang paling ketat dari enam lisensi utama, hanya mengizinkan orang lain untuk mengunduh ciptaan Anda dan membaginya dengan orang lain selama mereka mencantumkan kredit kepada Anda, tetapi mereka tidak dapat mengubahnya dengan cara apapun atau menggunakannya untuk kepentingan komersial.

Cara membuat lisensi
Suatu karya perlu dilabeli dengan CC license untuk memberitahu pihak lain penggunaan kembali seperti apa yang diijinkan untuk karya tersebut. Terdapat empat cara untuk melisensi karya kita, baik karya online maupun off-line.

1. Gunakan the CC License Chooser untuk memilih lisensi. Outputnya meliputi Lisensi, Attibution, acknowledgement atas sumber karya jika karya anda adalah karya turunan; pilihan untuk ijin lainnya. 2. Gunakan aplikasi yang memiliki CC Add-in. Aplikasi seperti Microsoft Office memiliki CC licence feature
3. Secara manual, tandai karya anda dengan kata-kata dan ikon yang menunjukkan jenis lisensi yang anda pilih
4. Publikasikan karya anda pada Repositori atau platform terbuka yang secara umum memiliki CC licensing built in, atau pilihan lisensi. Contoh: figshare, Flickr.

Informasi lebih lanjut:

https://creativecommons.org/choose/?lang=id

https://creativecommons.org/choose/

Know Your Rights: Understanding CC Licences

Sumber:

spectrum-with0

https://creativecommons.org/licenses/?lang=id

https://wiki.creativecommons.org/images/6/6d/6licenses-flat.pdf

This image has an empty alt attribute; its file name is image.png

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s