CARA MENGCONVERT VIDEO MENJADI SINGLE IMAGES DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE FFMPEG

Bismillahirrohmaanirrahiim…
Kali ini berbagi informasi cara mengubah file video menjadi gambar satuan (single images) menggunakan software FFMPEG.
Barangkali ada yang memerlukan atau sebagai tambahan pengetahuan…
Beberapa penelitian yang menggunakan wearable camera, misal Brinno Camera, menggunakan software ini sebelum melakukan proses koding gambar.

Beberapa literatur menyebutkan menggunakan software ini dalam penelitiannya. Namun ternyata, saya menemui nggak semudah itu cara menggunakannya. Tidak asal download dan pakai begitu saja.
Setelah download perlu tambah path di laptop atau komputer, lalu mengeksekusi perintah untuk convertnya dengan menggunakan kode khusus melalui command prompt pada laptop atau komputer.
Bagi saya yang awam programming ya lumayan juga (terutama untuk milih kode yang betul dari beberapa referensi, awalnya gagal-gagal, alhamdulillah akhirnya nemu kode yang bener). Alhamdulillah setelah mengkombinasikan beberapa sumber, baik website-website maupun Youtube, maka bisa berhasil proses convertnya.

Terima kasih…

Oya sekilas info tentang Wearable Camera.
Wearable camera adalah kamera kecil ringan, yang mengambil gambar dari sudut pandang orang pertama (mengambil gambar objek di depannya) secara otomatis dalam kurun waktu tertentu sesuai setting yang diatur.
Pada Brinno camera TLC 120 misalnya, jika di set ambil gambar tiap 5 detik maka tiap 5 detik kamera akan mengambil gambar.
Alat ini mulai makin banyak digunakan peneliti yang ingin mengetahui aktivitas jasmani ataupun sedentary orang secara lebih objektif.
Penggunaan kuesioner, meski lebih ekonomis dalam skala besar, tentunya rentan dengan recall bias dll. Demikian juga dengan penggunaan accelerometer, meski dinilai lebih objektif, pun memiliki keterbatasan karena hanya memberi informasi tentang durasi individu dalam suatu aktivitas, misal berapa lama melakukan aktivitas ringan, sedang, berat, namun tidak memberi informasi kegiatan apa saja yang dilakukan individu tersebut. Misal jika individu melakukan aktivitas sedentary, apakah itu membaca, main hp, atau menonton TV? Dengan mengetahui tipe dan pola aktivitas individu melalui kamera ini, diharapkan dapat memberi masukan bagi policy maker ataupun menjadi landasan bagi penelitian selanjutnya, misal penelitian intervensi.
Sedikitnya ada dua cara pakai wearable camera. Yang pertama dengan cara digantung pada leher, seperti gantungan hp. Karena ukuran kamera kecil dan ringan maka ya seperti hp. Cara kedua dengan menggunakan harness.
Meski mengambil gambar atau foto, file akhir yang didapat dari Brinno camera ini berupa video. Padahal perlu foto-foto satuannya guna proses pengkodingan. Oleh karena itu, software FFMPEG diperlukan guna mengubah file video menjadi foto satuan kembali.

Berikut video panduannya. Check this out!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s