Open Review

Artikel pertama untuk studi PhD saya alhamdulillah published 21 Oktober lalu di the International Journal of Environmental Research and Public Health (IJERPH).

https://www.mdpi.com/1660-4601/17/20/7665

Ketika submit artikel scoping review di IJERPH, ada pilihan untuk melakukan open review atau tidak. Saya dan tim supervisor sepakat untuk memilih open review. Ketika manuskrip kami diterima, kami pun ditanya lagi tentang open review ini. Kami pun tetap pada pilihan ini.

Apa itu open review?

Tidak semua jurnal menawarkan opsi open review. Jaman dulu juga mungkin opsi ini belum ada ya… Saya baru ngeh ada opsi ini di awal studi PhD dulu, pertengahan tahun 2018, saat baca sebuah artikel di jurnal ternama.

Ketika memilih opsi open review, maka pihak jurnal akan mempublikasikan penilaian dari para reviewers. Bagaimanapun pendapat mereka, entah positif maupun negatif sekali akan dapat diakses oleh semua pembaca.Selain itu, pembaca juga bisa mengakses bagaimana authors (penulis) menanggapi atau merespon penilaian reviewers.

Artikel scoping review kami kemarin direview oleh 5 orang. Iya 5 orang!! Padahal biasanya paling sekitar 2 atau 3 ya… Namun kemarin ini yang bener-bener ngajuin pertanyaan yang asli puanjang cuman 2 reviewers. Tiga reviewers lain, pendek komennya. Komennya pun beragam, yang 2 bagus sekali, yang 1 big no-no, yang 2 bagus tapi buanyak pertanyaan.

Mengapa memilih open review?

Salah satu alasan memilih open review adalah untuk membuktikan bagaimana “rigorous” atau ketatnya proses peer review, guna mendukung kualitas sebuah paper. Menunjukkan bahwa sebuah paper diterima di jurnal itu tidak asal diterima, tapi melalui proses review yang kadang bisa jadi tidak hanya 1 ronde, tapi bolak-balik.

Alhamdulillah kami kemarin cukup melalui 1 ronde karena editor menilai kami sudah menanggapi, merespon, dan mengedit naskah sesuai masukan reviewer.

Kalau Bapak/Ibu/temen-temen kemarin belum sempat melihat open review dari artikel kami, bisa cek di https://www.mdpi.com/1660-4601/17/20/7665

Di bawah nama authors, silakan pilih “Review Reports”. Ketika di klik, akan muncul halaman baru berisi penilaian reviewers. Kami menanggapi semua reviewers dengan melampirkan dokumen-dokumen (file pdf). Bapak/Ibu/temen-temen bisa mendownload semua respon kami dengan klik “Author response pdf”.

Terima kasih sudah membaca postingan ini 😃

Semoga bermanfaat!

Salam,

Fitria

Yogyakarta, 30/10/2020

2 thoughts on “Open Review

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s