Sekolah Nafi

Hari ini hari terakhir Nafi sekolah di GOODNA State School. Ia tampak riang saja. Malah Ibunya yang sekarang hatinya rasanya ga karuan, merasa sedih akan sebuah kehilangan.

Nafi has a great time at the school. Very very great time!

Alhamdulillah Allah tempatkan Nafi di sekolah yang begitu bagus, bertemu guru Miss Hannah Nixon yang sangat care, baik hati, lovely, pengertian. Bertemu dengan teman-teman yang luar biasa. Nafi menjalin pertemanan yang baik dengan banyak murid, beberapa menjadi best friend, Angus (baca enggus), Deonte (baca dionte), Abbas, Mia, Baba. Bahkan teman-temannya juga sayang Ibunya.

Meski jarang bertemu karena yg mengantar jemput sekolah hampir selalu Bapaknya, tapi teman-teman Nafi selalu sumringah ketika bertemu Ibu Nafi. Anak-anak yang lovely.

Selasa lalu kami mengadakan event farewell kecil-kecilan di kelasnya. Deonte selalu senyum dengan wajah semangat dan mengajak bercakap-cakap. Pada saat perpisahan Ia bilang ‘ I didn’t see you for a while’. Beberapa kali merentangkan tangan untuk memeluk. Saat acara farewell hampir usai, Angus ke depan kelas, memeluk Ibu Nafi juga. They are such lovely kids!

Miss Hannah Nixon begitu luar biasa dalam mendampingi Nafi belajar. Ia pengertian sekali dengan background Nafi. Dulu saat pertama kali sekolah, Nafi didn’t keen on sitting during the class. Karena saat di Indonesia sekolahnya mostly online gara2 pandemi, dia excited banget bisa sekolah tatap muka di sini, sehingga jadi ‘too active’. Alhamdulillah dengan pengkondisian yang baik dari Miss Nixon, Nafi bisa cepat adaptasi dan mengikuti ritme belajar dan tata aturan sekolah disini. Dengan bimbingan Miss Nixon, Nafi berkembang banyak dalam pelajaran ‘ English’, sampai bisa membuat cerita dan finally buku sendiri, cerita beserta gambarnya! Full in English! Cerita tentang sekolah, tentang ginger bread man.

Pelajaran science pun selalu seru dengan Mr. Salmon. Banyak aktivitas praktek luar kelas, eksperimen gaya push and pull pakai pesawat kertas, dsb.

Sekolah Nafi memiliki kolam renang juga, Alhamdulillah sempat mengikuti pelajaran renang 3 kali, yang memang cuma ada di term 4, diakhiri dengan kegiatan swimming carnival.

Terdapat oval, area lapangan luas, banyak playground dengan desain yang menarik dan indah untuk anak, hall besar yang bisa untuk lapangan basket juga, area lunch time outdoor, library, school office dengan konsep ‘open’ dengan staff yg ramah, Miss Linda, Miss Jenny, Mr Hill Deputy Principal. Mr Hill berjasa sekali dalam mempertemukan Nafi dengan Miss Nixon. Saat interview waktu daftar sekolah, dengan memperhatikan background dan karakter Nafi, ditempatkanlah Nafi di kelas Miss Nixon. Ada juga fasilitas bimbingan Bahasa Inggris khusus karena Nafi baru pindah dari Indonesia, meski akhirnya cuma beberapa kali ikut karena gurunya menilai tidak perlu lagi ikut (karena dinilai sudah bisa mengikuti pelajaran dengan baik). Ah, semua detail tentang sekolah Nafi begitu membahagiakan untuk dikenang.

Betapa bersyukurnya Ibumu kamu bisa sekolah disitu Nang.. (Nang adalah panggilan untuk anak lelaki dalam Bahasa Jawa) Kesempatan sekolah disitu adalah hal yang sangat berharga, begitu berharga. Mungkin hal itu juga yang membuat Ibumu ini sedih ketika kamu harus meninggalkan sekolah itu, GOODNA State School.

Tapi begitulah hidup Nang, ada pertemuan ada perpisahan. Ibu bersyukur sepertinya kamu ringan hati dengan kenyataan ini. Malah Ibumu yang merasa sangat berat hatinya. Ibu bersyukur sekali Nang, Allah begitu Maha Baik memberi rejeki padamu sekolah di tempat seindah itu.

Berulang kali Ibumu berpesan supaya kamu berpamitan dengan teman-temanmu, terutama teman-teman dekat, karena hari ini Jumat, 9 Desember 2022, adalah hari terakhirmu di sekolah, di kelas 2. Kamu sudah menerima raport, dengan hasil nilai yang luar bisa, naik ke kelas 3. I am so proud of you, Nak. Esok sudah mulai libur sekolah, libur yang begitu panjang sampai tahun depan. Sekolah baru buka kembali 16 Januari 2023, siswa baru mulai sekolah lagi, naik kelas, tgl 23 Januari 2023. Jadi Nafi sudah tidak bisa sekolah lagi karena insyaAllah saat itu sudah back for good to Indonesia.

Ya Allah ringankanlah hati ini, angkatlah kesedihan ini. Kami sangat bersyukur padaMu, Ya Allah…

Ketika hati sedih seperti ini, hiruplah nafas panjang dan dalam, bacalah istighfar. Sabar dan jadikan sholat sebagai penolong. Perbanyak bersyukur.

Terima kasih, Segala Puji hanya bagiMu Ya Allah…

Terima kasih Goodna State School, semua guru, Principal, staff, dan siswa..

I am so Proud of you Nak, Muhammad Annafi Priambadha. I love you to the moon and back.

Goodna, 9 Desember 2022

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s